manajemen-uang

7 tips manajemen uang untuk kesuksesan finansial


February 14, 2023 | Categories: Keuangan.

Tips pengelolaan uang ini dapat membantumu mencapai kesuksesan finansial jangka panjang dan mengelola uang dengan lebih efektif. Jika uang menjadi sumber kekhawatiran dalam hidupmu, yakinlah kamu tidak sendirian. Sebagian besar responden kalkulatorkredit.com – 77% – merasa cemas dengan keuangan mereka.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan hari ini untuk membangun kepercayaan diri dan mengelola keuangan dengan lebih efektif.

Poin-poin penting:

  • Saat kamu melakukan perencanaan keuangan dengan cara yang cerdas dan efisien, hal ini dapat membantumu meraih masa depan yang cerah dan sukses.
  • Pengelolaan uang lebih dari sekadar penganggaran.
  • Ada dua metode yang telah terbukti dapat membantu kamu mengelola dan melunasi utang.
  • Jelajahi aplikasi mobile dan layanan digital untuk membantu kamu melakukan lebih banyak hal.

Apa yang dimaksud dengan pengelolaan uang?

Menganggarkan, berinvestasi, menabung, dan bahkan membelanjakan uang merupakan bagian dari pengelolaan uang. Jadi, bagaimana kamu membangun kepercayaan diri dalam mengelola keuangan dan mengurangi kecemasan tentang tujuan keuanganmu? Mempelajari cara mengelola uang dengan lebih baik dan dibarengi pola pikir, akan sangt membantu. Kamu dapat melakukan riset sendiri atau bahkan meminta saran profesional mengenai rencana keuanganmu.

Kamu dapat menggunakan tujuh tips berikut untuk mengelola uang dengan lebih baik:

1. Buatlah anggaran pribadi

Orang-orang yang terdampak stres karena masalah keuangan akan lebih sulit membuat anggaran. Mereka merasa kurang memegang kendali dan cenderung membelanjakan gaji mereka secara impulsif. Membuat anggaran merupakan langkah awal yang baik untuk mengembangkan kebiasaan keuangan yang lebih sehat dan belajar bagaimana mendapatkan hasil maksimal dari uang yang kamu miliki.

Menurut Consumer Financial Protection Bureau (CFPB), “penganggaran membantu kamu memiliki cukup uang untuk hal-hal yang dibutuhkan dan inginkan, sambil tetap membangun tabungan untuk tujuan masa depan.” Kamu dapat membuat lembar kerja penganggaran dan mengikuti langkah-langkah umum seperti berikut:

Jumlahkan pendapatan bulananmu. Ini termasuk gajimu di tempat kerja ditambah dengan sumber pendapatan lain seperti bonus, pengembalian pajak atau pendapatan dari pekerjaan sampingan.
Jumlahkan pengeluaran bulananmu. Ini dapat mencakup pengeluaran utama seperti membayar cicilan KPR, makanan, utilitas dan transportasi. Untuk pembayaran bulanan yang tidak selalu sama (makanan dan utilitas misalnya), kamu dapat menulis rata-rata pengeluaran dari bulan-bulan sebelumnya.
Kurangi pendapatan dengan pengeluaran. Jumlah ini akan menjadi titik awal anggaranmu. Sisanya harus kamu gunakan untuk membayar utang dan membangun tabungan. Jika yang tersisa terlalu sedikit, pertimbangkan untuk memotong biaya-biaya kurang penting seperti makan di restoran dan layanan berlangganan.
Mungkin ada baiknya kamu anggap anggaranmu sebagai dokumen hidup yang sering kamu lihat. Dengan begitu, kamu bisa melakukan penyesuaian jika perlu, seperti saat kamu menghilangkan pengeluaran bulanan dengan melunasi kartu kredit. Pertimbangkan metode penganggaran yang populer, seperti aturan 50/30/20, saat membuat anggaran.

Lakukan budgeting dengan kalkulator budget

2. Lacak pengeluaranmu

Menerapkan kebiasaan keuangan yang sehat saat kamu merasa percaya diri terhadap keuangan dapat membantu di saat keadaan jadi lebih menantang. Melacak pengeluaran bisa menjadi salah satu kebiasaan baik tersebut. Lagipula, hal ini dapat membantu menghindari pengeluaran yang berlebihan dan tetap berada dalam anggaran.

Bagaimana cara kamu melacak pengeluaran? Sederhana saja. Kamu dapat mencatat pengeluaran secara digital dengan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang tersedia secara online. Atau, jika kamu lebih suka opsi berbasis kertas, kamu bisa menyimpan tanda terima dan melacak semuanya di buku agenda atau buku catatan. Pisahkan pengeluaran ke dalam beberapa kategori. Dengan begitu, kamu tahu ke mana saja uang dibelanjakan dan ke mana saja uang paling banyak dikeluarkan.

3. Menabung untuk masa pensiun

Kami menemukan bahwa banyak orang khawatir dengan masa depan keuangan mereka. Hal tersebut termasuk menabung untuk masa pensiun. Faktanya, 68% responden mengatakan bahwa mereka khawatir tidak memiliki cukup uang untuk pensiun. Mungkin ada baiknya kamu mulai dari yang kecil untuk tabungan pensiun. Dengan kata lain, kamu dapat menabung dalam jumlah kecil setiap bulannya untuk saat ini, dan kemudian menambahkannya ketika kamu merasa siap.

4. Menabung untuk keadaan darurat

Menyisihkan tabungan untuk dana darurat, untuk kejadian-kejadian yang tidak terduga seperti perbaikan besar pada rumah, dapat membantumu merasa lebih baik dengan kondisi keuangan. Mungkin kamu ingin menambah jumlah tabunganmu. Jika ya, pertimbangkan tips keuangan berikut ini untuk membantu dalam hal pengeluaran tak terduga:

Ingatlah, suku bunga dapat bervariasi. Jadi, sebaiknya kamu sering-sering cek di bank lain. Jika kamu menemukan rekening tabungan dengan suku bunga yang lebih baik, selisihnya bakal bertambah seiring waktu.
Masukkan pendapatan ekstra ke dalam rekening. Ketika kamu mendapatkan pengembalian pajak atau bonus dari pekerjaan, setorkan ke rekening. Uang ekstra tersebut dapat membantu tabunganmu bertambah.
Belilah barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa menyisihkan sisanya untuk tabungan.
Siapkan tabungan otomatis. Dengan bantuan atasan di tempat kamu bekerja, mereka dapat mengatur transfer otomatis ke rekening tabungan agar kamu tidak tergoda untuk membelanjakannya.

5. Rencanakan untuk melunasi utang

Melunasi utang juga dapat membantu mengelola keuangan dengan lebih baik dan mengurangi kecemasan terkait uang.

Berikut adalah 2 cara yang direkomendasikan agar kamu terbebas dari utang:

Metode bola salju: Metode ini berfokus pada melunasi utang terkecil terlebih dahulu. Kamu tetap melakukan pembayaran minimum untuk utang yang lain. Pada saat yang sama, kamu menggunakan uang tambahan untuk melunasi utang terkecil. Kemudian kamu menggunakan uang yang telah kamu bebaskan untuk melunasi utang terkecil berikutnya dan begitu seterusnya.

Metode longsoran utang: Kamu membuat daftar utang berdasarkan suku bunganya, dari yang tertinggi hingga yang terendah. Kamu prioritaskan pembayaran paling banyak pada utang dengan suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah lunas, dana ekstra tersebut dapat digunakan untuk melunasi pinjaman berikutnya. Jangan lupa, kamu juga harus melakukan pembayaran minimum untuk utang yang lain.

6. Membangun kebiasaan kredit yang baik

Berusaha membangun skor kredit yang baik juga dapat membantu memperbaiki keuanganmu. Menurut CFPB, skor kredit merupakan gambaran kelayakan kredit. Jadi, skor ini dapat memengaruhi kehidupanmu – mulai dari membeli mobil hingga properti.

CFPB merekomendasikan hal-hal berikut ini untuk membangun skor kredit yang baik:

  • Bayarlah tagihan tepat waktu – setiap bulan.
  • Jangan mendekati batas limit kredit.
  • Berusahalah untuk membangun sejarah kredit yang panjang.
  • Periksa laporan tagihan secara teratur.

7. Perbaiki pola pikirmu tentang uang

Apa yang kamu lakukan dengan uang memang penting. Namun, cara kamu memikirkannya juga penting. Mengadopsi pola pikir keuangan yang lebih positif saat mengelola uang dapat mencakup hal-hal seperti melunasi utang dan mengubah kebiasaan belanja.

Ingat, kamu tidak sendirian jika kamu merasa stres tentang bagaimana mengelola uang, menangani keuangan pribadi atau mencapai tujuan finansialmu. Sekarang kamu sudah tahu lebih banyak tentang strategi mengelola uang, mengatur anggaran bulanan, melunasi utang dan membangun dana darurat. Jika kamu terus melatihnya, pada akhirnya semua itu akan menjadi kebiasaan. Dan hal ini dapat membantumu mencapai kesuksesan finansial.

Berita lainnya


+62-815-1121-9673