penjamin-kredit

Mengapa Mempelajari Kredit Penting


June 3, 2020 | Categories: Keuangan.

Tugas pokok bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dana tersebut kepada masyarakat/pengusaha yang memerlukannya. Dengan demikian, peranan kredit dalam operasi bank sangat besar/penting, di samping sebagian besar bank masih mengandalkan sumber pendapatan utamanya dari operasi perkreditan sehingga untuk mendaptakan margin yang baik diperlukan pengelolaan perkreditan secara efektif dan efisien. Bank adalah business. Business yang berdagang dalam kredit dan uang. Jadi bisnis bank merupakan lembaga kepercayaan. Sebagaimana diketahui bahwa usaha bank yang paling besar dalam memberikan kontribusi terbesar sebagai sumber penghasilan bank berasal dari penyaluran kredit mengingat:

1. bahwa bank harus dapat memelihara dan mengembangkan kepercayaan timbal balik;

2. bahwa pos pinjaman yang diberikan merupakan pos aktiva terbesar dalam neraca bank;

3. bahwa perkreditan memberikan kontribusi penghasilan terbesar bagi sebagian besar bank.

4. bahwa risiko yang dikandung dalam penyaluran kredit cukup besar;

5. bahwa bank merupakan perantara (financial intermediary) antara masyarakat surplus dana dengan pihak lain yang kekurangan dana.

maka masalah-masalah kredit perlu untuk dipelajari. Semakin besar volume pembangunan dan semakin tinggi pertumbuhan ekonomi, semakin besar pula peranan yang dilakukan oleh bank, baik dari segi pengerahan dana khususnya maupun dari segi arah dan volume kredit yang diberikan/disalurkan.

Di samping itu, dirasa perlu pula dilihat arti penting kredit secara ekonomi. Secara ekonomi, kredit dapat diartikan sebagai pemindahan daya beli dari satu tangan ke tangan lain, dan/atau penciptaan daya beli.

1. Pemindahan daya beli

Adanya kredit (source of fund) pada umumnya terkumpul dari sekian banyak tabungan/simpanan dari sekian banyak masyarakat yang bersedia menyisihkan penghasilannya tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk ditabung ke dalam bank. Pada umumnya penabung kurang mengetahui untuk apa daya beli/uang tabungan mereka akan dipergunakan. Oleh karena itu, mereka memercayakan uang mereka pada bank, yang nantinya akan memerlukannya. Bank yang akan bertanggung jawab atas keamanan uang tabungan tersebut. Dalam hal inilah kredit diartikan sebagai pemindahan daya beli.

2. Penciptaan daya beli

Dari sisi kreditor kredit merupakan penciptaan daya beli, di mana dengan fasilitas kredit yang diterimanya, para peminjam/pengusaha telah mempunyai rencana untuk apa kredit tersebut akan dipergunakan, untuk investasi ataukah modal kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita lainnya


 
+62-815-1121-9673