definisi-kekayaan

Mengubah Definisi Kekayaan: Pesan yang Menginspirasi


Oktober 19, 2023 | Kategori: Keuangan.

Seorang wanita asal Surabaya berbagi kisah perjalanan pribadinya dalam mengubah makna kekayaan dan bagaimana hal itu mempengaruhi komunitasnya. Ia bercerita tentang masa kecilnya, di mana percakapan tentang uang jarang terjadi. Namun, ia bisa menyimpulkan betapa pentingnya uang saat waktu Lebaran tiba. Ia dengan jelas mengingat pamannya, yang selalu punya uang dan bisa belanja di PIM, serta ibunya yang selalu memberikan hadiah dengan penuh cinta.

Saat ia tumbuh dewasa dan meluaskan wawasannya melalui pendidikan, ia merasa iri dengan petualangan teman-temannya di luar negeri dan menyadari keterbatasan situasi keuangannya sendiri. Ketika ia mendapatkan pekerjaan pertamanya setelah lulus sekolah pascasarjana, ia merasa kaya dengan gaji ratusan juta. Kendati demikian, ia segera menyadari bahwa kepemilikan material tidak memenuhi keinginannya akan kekayaan sejati.

Kesadaran ini mendorongnya untuk mempertanyakan makna kekayaan dan tujuannya. Ia mengingat sebuah episode acara Oprah Winfrey, di mana penasihat keuangan Suze Orman membahas pentingnya menyimpan uang untuk masa depan. Terinspirasi oleh gagasan tersebut, ia mencari saran dari seorang penasihat keuangan, tapi malah dibingungkan dengan istilah-istilah keuangan yang sulit dipahami dan kurangnya pemahaman terhadap tujuan-tujuannya.

Dengan tekad untuk membuat perbedaan, ia memulai perjalanan untuk menangani masalah mendasar yang dihadapi komunitasnya – kurangnya uang tunai. Ia menyadari bahwa kemiskinan berasal dari kelangkaan sumber daya keuangan, dan pada tahun 2018 ia meluncurkan sebuah program. Program ini memberikan 15 juta per bulan selama 12 bulan kepada ibu-ibu kurang mampu yang tinggal di hunian terjangkau yang disubsidi pemerintah.

Dampak dari program jaminan pendapatan ini mampu mengubah hidup, dan memungkinkan para wanita ini untuk memenuhi kebutuhan praktis seperti belanja bulanan, bayar uang sekolah, dll, sambil juga mengubah persepsi mereka tentang kelangkaan menjadi kelimpahan. Melalui inisiatif ini, program tersebut bertujuan untuk memberikan ruang pernapasan keuangan bagi wanita-wanita ini untuk bermimpi lebih besar dan menciptakan peluang bagi diri mereka sendiri.

Baca juga:  Bagaimana Membuat Laporan Keuangan yang Benar

Ia menyadari bahwa kekayaan sering didefinisikan sebagai rumah besar, mobil mewah, dan liburan mewah, tetapi ia berpendapat bahwa definisi-definisi tersebut tidak memadai bagi banyak wanita, terutama wanita kelas bawah yang menghadapi ketidakadilan upah dan keterbatasan dalam akses untuk mendapatkan upah layak. Ia menekankan bahwa kekayaan seharusnya didefinisikan sebagai kebebasan dan kesejahteraan bersama. Kemampuan untuk merawat keluarga, mengejar pendidikan atau usaha bisnis, serta memiliki upacara pemakaman yang layak.

Dengan mendengarkan cerita-cerita dan impian-impian wanita-wanita yang bekerja dengannya, ia mulai mengubah definisi kekayaan bagi dirinya sendiri juga. Ia menyadari bahwa kekayaan sejati terletak pada kemampuannya untuk mengumpulkan orang-orang, memberi mereka makan, melindungi dan peduli terhadap mereka. Ia mengerti bahwa meninggalkan warisan cinta, penghargaan, dan kebahagiaan adalah bentuk kekayaan yang sejati.

Melalui pesannya yang kuat ini, ia menantang definisi sempit masyarakat tentang kekayaan dan meminta kita untuk memikir ulang apa artinya menjadi benar-benar kaya. Ia menyoroti pentingnya memberikan ruang bagi individu yang mengalami kemiskinan untuk bermimpi dan menekankan bahwa investasi keuangan yang kecil dapat membawa perubahan hidup seseorang, memberikan fleksibilitas dan ruang pernapasan keuangan untuk mendefinisikan dan membangun kekayaan dalam berbagai aspek.

Tulisan ini mengingatkan kita bahwa kekayaan tidak boleh dibatasi pada kepemilikan material semata, tetapi harus mencakup kemampuan untuk menjalani hidup yang memuaskan dengan martabat dan sumber daya yang diperlukan untuk mengejar impian seseorang. Melalui artikel ini, kita ditantang untuk mempertimbangkan bagaimana kita dapat mengubah definisi kekayaan dalam kehidupan kita sendiri dan bekerja menuju masyarakat yang lebih adil di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk berkembang.

Saat kita merenung atas pesan yang kuat dari Surabaya ini, mari berusaha untuk mengubah definisi kekayaan dalam kehidupan kita sendiri dan berjuang untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses.

Baca juga:  Kapan Kita Harus Berhutang

Berita lainnya


+62-815-1121-9673