Pengajuan Kartu Kredit


Proses Pengajuan Kartu Kredit

1. Lengkapi dan serahkan dokumen dan mengisi form aplikasi kartu kredit 

2. Marketing akan mengirimkan form aplikasi ke divisi kartu kredit Bank penerbit

3. Setelah dikirim ke pusat, dokumen akan diverifikasi oleh bagian analis. Pada bagian inilah pengajuan kartu kredit kita disetujui atau ditolak.

Dalam proses verifikasi biasanya analis akan mencocokan data yang kita isi pada saat pengajuan. Pertama, analisa akan menghubungi kita – biasa ditanya data pribadi seperti nama ibu kandung, saudara tidak serumah dan data pekerjaan. Kedua, analis akan mencocokkan kembali data dengan menghubungi saudara tidak serumah. Siap-siap saja yang dihubungi harus bisa jawab sesuai data yang diisi. Ketiga, analis akan menghubungi kantor tempat kita bekerja. Umumnya, bank akan menghubungi bagian HRD, keuangan atau atasan, dan akan menanyakan berapa gaji perbulan, status karyawan dan masa kerja. Jika verifikasi sudah sesuai, maka bisa dipastikan pengajuan kita disetujui. Namun, jika salah satu yang dihubungi tidak sesuai data atau bahkan bank tidak bisa menghubungi anda, saudara tidak serumah atau kantor, maka besar kemungkinan aplikasi kamu akan ditolak.

Pertanyaannya – Kenapa saya sampai ditolak? Beberapa kemungkinan yaitu:

Karena saudara tidak serumah tidak bisa menjawab apa yang ditanyakan analisis yang mana sudah bagian dari standar prosedur analisis untuk menyetujui aplikasi kartu kredit kamu. Jika pengajuan pertama ditolak, kita bisa mengajukan kembali pengajuan yang kedua setelah jangka waktunya 3 bulan.

Jika sebelum 3 bulan sudah mengajukan kartu kredit lagi, maka otomatis ditolak karena data masih ada pada sistem bank. Setelah 3 bulan berlalu, kamu boleh mengajukan kembali. Pastikan pada percobaan kedua, kamu isi dengan hati-hati kata demi kata. Jangan lupa untuk menginformasikan saudara tidak serumah, HRD atau bagian finance, bahwa kamu sedang proses pengajuan kartu kredit. Jadi jika sewaktu-waktu ada telepon dari bank, mereka sudah siap dan tinggal menjawab sesuai arahan.

+62-815-1121-9673